Representasi pengetahuan adalah cara untuk menyajikan
pengetahuan yang diperoleh ke dalam suatu skema/diagram tertentu sehingga dapat
diketahui relasi antara suatu pengetahuan dengan pengetahuan yang lain dan
dapat dipakai untuk menguji kebenaran penalarannya.
Secara teknik kita akan membahas representasi pengetahuan menjadi lima
kelompok:
1. Representasi Logika
2. Jaringan Semantik
3. Frame
4. Script (Naskah)
5. Aturan Produksi (Kaidah Produksi)
6.1 Arti Pengetahuan
Pengetahuan
merupakan kemampuan untuk membentuk model mental yang menggambarkan obyek
dengan tepat dan merepresantasikannta dalam aksi yang dilakukan terhadap suatu
obyek (Martin dan Oxman, 1988).
Definisi
umum : fakta atau kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena suatu
pengalaman.
Cabang ilmu filsafat, yaitu Epistemology, berkenaan dengan sifat, struktur dan keaslian dari knowledge.
Priori Knowledge
Berarti yang mendahului (pengetahuan datang sebelumnya dan bebas dari arti) dan kebenaran yang universal dan tidak dapat disangkal tanpa kontradiksi
Contoh : pernyataan logika, hukum matematika
Posteriori Knowledge
Knowledge yang diturunkan dari akal pikiran yang sehat.dan kebenaran atau kesalahan dapat dibuktikan dengan menggunakan pengalaman akal sehat.
Contoh : bola mata seseorang berwarna biru, tetapi ketika orang tersebut mengganti contact lens-nya, bisa jadi bola matanya menjadi berwarna hijau.
Cabang ilmu filsafat, yaitu Epistemology, berkenaan dengan sifat, struktur dan keaslian dari knowledge.
Priori Knowledge
Berarti yang mendahului (pengetahuan datang sebelumnya dan bebas dari arti) dan kebenaran yang universal dan tidak dapat disangkal tanpa kontradiksi
Contoh : pernyataan logika, hukum matematika
Posteriori Knowledge
Knowledge yang diturunkan dari akal pikiran yang sehat.dan kebenaran atau kesalahan dapat dibuktikan dengan menggunakan pengalaman akal sehat.
Contoh : bola mata seseorang berwarna biru, tetapi ketika orang tersebut mengganti contact lens-nya, bisa jadi bola matanya menjadi berwarna hijau.
Hirarki
Knowledge
ü Noise : data yang masih kabur
ü Data : hal yang paling potensial
ü Informasi : data yang telah
diproses
ü Knowledge : informasi yang sangat
khusus
ü Meta knowledge : knowledge dan
keahlian
ü Teknik Representasi Pengetahuan :
a.
Aturan
Produksi
b.
Jaringan
Semantik
c.
Frame
d.
S
6.2 Produksi
A.
Aturan Produksi
ü sering digunakan
untuk merepresentasikan pengetahuan pada ES
ü bentuk formalnya
Backus-Naus Form (BNF)
·
Metalanguange
untuk mendefinisikan sintaks Bahasa
·
Suatu
grammar haruslah lengkap dan unambiguous set dari aturan produksi untuk bahasa
yang spesifik
·
Parse
tree adalah representasi grafis dari kalimat pada suatu Bahasa
·
Deskripsi
sintaks tersedia dalam Bahasa
·
Tidak
semua kalimat adalah benar
Contoh
:
::=
dimana,
·
<
.. > dan ::= adalah symbol metalanguange.
·
::=
artinya “ditentukan sebagai” yang dalam BNF ekuivalen dengan à.
·
Term
di dalam kurung disebut symbol Nonterminal, yang masih bisa direpresentasikan
ke dalam bentuk lebih sederhana lagi.
·
Nonterminal
yang tidak dapat disederhanakan lagi disebut Terminal.
Robot Mobile | Robot
Jaringan | Robot Manipulator
menggunakan roda | menggunakan jaringan internet | mempunyai tangan
penelitian robot | penjinak bom | memindahkan barang
menggunakan roda | menggunakan jaringan internet | mempunyai tangan
penelitian robot | penjinak bom | memindahkan barang
Produksinya : ……
·
Robot
Mobile menggunakan roda digunakan untuk penelitian robot
·
Robot
Jaringan menggunakan jaringan internet digunakan untuk penjinak bom
·
Robot
Manipulator mempunyai tangan digunakan untuk memindahkan barang dst…..
B.
Keuntungan Aturan
Produksi :
ü Sederhana dan
mudah dipahami
ü Implementasi
secara straightforward sangat dimungkinkan dalam computer
ü Dasar bagi
berbagai variant
C.
Kelemahan Aturan
Produksi :
ü Implementasi yang
sederhana sering menyebabkan inefisien
ü Beberapa tipe
pengetahuan sulit direpresentasikan dalam aturan produksi
6.3 Jaringan
Semantik
Dibangun oleh M.R.Quillian, sebagai model memori manusia. Jaringan Semantik adalah tehnik representasi dalam
artificial intelligence klasik untuk informasi proposional, sehingga
sering kali disebut sebagai poporsional network. Proposisi adalah pernyataan
yang dapat bernilai benar atau salah dan merupakan bentuk pengetahuan
deklaratif. Semantic network pertama kali dikembangkan untuk AI (Artificial
Intelligence) sebagai cara untuk mempresentasikan memory dan pemahaman
bahasa manusia. Struktur semantic nets berupa grafik dengan node (simpul) dan
arc (ruas) yang menghubungkannya.
Disajikan dalam bentuk graf berarah. Node merepresentasikan konsep, objek atau situasi :
·
Label ditunjukkan melalui penamaan
·
Node dapat berupa objek tunggal atau
kelas
Links merepresentasikan suatu hubungan :
·
Links adalah struktur dasar untuk
pengorganisasian pengetahuan
Contoh Jaringan Semantik:
Keterangan :
is
a = adalah
shape = berbentuk
consists of = terdiri dari
programmed = deprogram
shape = berbentuk
consists of = terdiri dari
programmed = deprogram
6.4 Triple
Obyek-Atribut-Nilai
Bentuk
object-attribute-value triple daapat digunakan untuk mempresentasikan semua
karakteristik pengetahuan dalam semantic net dan digunakan pada sistem pakar
MYCIN untuk mendiagnosa penykit infeksi.
6.5 Schemata : Frame dan Script
A.
Frame
ü Frame (Minsky, 1975)
dipandang sebagai struktur data static yang digunakan untuk merepsentasi-kan
situasi-situasi yang telah dipahami dan stereotype.
ü Frame digunakan untuk
merepresentasikan pengetahuan stereotype atau pengetahuan yang didasarkan
kepada karakteristik yang sudah dikenal yang merupakan pengalaman masa lalu.
ü Frame berupa kumpulan
slot-slot (representasi entitas sebagai struktru objek) yang merupakan atribut
untuk mendeskripsikan pengetahuan berupa kejadian, lokasi, situasi ataupun
elemen-elemen lain. Frame digunakan untuk representasi pengetahuan deklaratif.
Contoh
:
·
Frame
Pohon
Spesialisasi dari: Tumbuhan
Jumlah batang: integer (default 1)
Jenis kulit: halus
Model daun: jenis pohon jarum, berganti daun
Bentuk daun: sederhana, berlekuk, campuran
·
Frame
Pohon Perdu
Spesialisasi dari: Pohon
Jumlah batang: 3
Jenis kulit: halus
Model daun: berganti daun
Bentuk daun: sederhana, berlekuk
Setiap
frame individual dapat dipandang sebagai struktur data yang mirip record,
berisi informasi yang relevan dengan entitas-entitas stereotype. Slot-slot
dalam frame dapat berisi :Informasi
·
Identifikasi
frame
·
Hubungan
frame dengan frame lain
·
Penggambaran
persyaratan yang dibutuhkan frame
·
Informasi
procedural untuk menggunakan struktur yang digambarkan
·
Informasi
default frame
·
Informasi
terbaru.
B.
Script
ü Script (Schank &
Abelson, Yale univ) merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan
urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus.
ü Script mirip dengan frame,
perbedaannya : Frame menggambarkan objek, sedangkan Script menggambarkan urutan
peristiwa.
ü Dalam menggambarkan urutan
peristiwa, script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang
orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.
ü Elemen script yang tipikal
:
·
Kondisi
masukan : menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi suatu
peristiwa yang ada dalam script.
·
Prop
: mengacu kepada objek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi.
·
Role
: mengacu kepada orang-orang yang terlibat dalam script.
·
Hasil
: kondisi yang ada sesudah peristiwa dalam script berlangsung.
·
Track
: mengacu kepada variasi yang mungkin terjadi dalam script tertentu.
·
Scene
: menggambarkan urutan peristiwa aktural yang terjadi.
Contoh :
Script
pergi ke restoran
SCRIPT
Restoran
Jalur
(track): fast food restoran
Peran
(roles): tamu, pelayan
Pendukung
(prop): conter, baki, makanan, uang,
serbet, garam,
merica, kecap,
sedotan, dll
Kondisi
masukan: tamu lapar –tamu punya uang
Adegan
(scene) 1: Masuk
·
Tamu
parkir mobil
·
Tamu
masuk restoran
·
Tamu
antri
·
amu
baca menu di list menu dan mengambil keputusan tentang apa yang akan diminta.
Adegan
(scene) 2 : Pesanan
·
Tamu
memberikan pesanan pada pelayan
·
Pelayan
mengambil pesanan dan meletakkan makanan di atas baki
·
Tamu
membayar
Adegan
(scene) 3 : Makan
·
Tamu
mengambil serbet, sedotan, garam, dll
·
Tamu
makan dengan cepat
Adegan
(scene) 4 : Pulang
·
Tamu
membersihkan meja
·
Tamu
membuang sampah
·
Tamu
meninggalkan restoran
·
Tamu
naik mobil dan pulang
Hasil
·
Tamu
merasa kenyang
·
Tamu
senang
·
Tamu
kecewa
·
Tamu
sakit perut
ü
Keistimewaan
Script :
a.
Script
menyediakan beberapa cara yang sangat alami untuk merepresentasikan “suatu
inforamsi” yang lazim” dengan masalah yang bersumber dari sistem AI dari mula.
b.
Script
menyediakan struktur hirarki untuk merepresentasikan inforamsi melalui inklusi
subscript dengan sript.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar