Rabu, 02 November 2016

6. Representasi Pengetahuan

Diposting oleh Unknown di 09.51



Representasi pengetahuan adalah cara untuk menyajikan pengetahuan yang diperoleh ke dalam suatu skema/diagram tertentu sehingga dapat diketahui relasi antara suatu pengetahuan dengan pengetahuan yang lain dan dapat dipakai untuk menguji kebenaran penalarannya.
Secara teknik kita akan membahas representasi pengetahuan menjadi lima kelompok:
1.      Representasi Logika
2.      Jaringan Semantik
3.      Frame
4.      Script (Naskah)
5.      Aturan Produksi (Kaidah Produksi)

        6.1 Arti Pengetahuan
Pengetahuan merupakan kemampuan untuk membentuk model mental yang menggambarkan obyek dengan tepat dan merepresantasikannta dalam aksi yang dilakukan terhadap suatu obyek (Martin dan Oxman, 1988).
Definisi umum : fakta atau kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena suatu pengalaman.
Cabang ilmu filsafat, yaitu Epistemology, berkenaan dengan sifat, struktur dan keaslian dari knowledge.

Priori Knowledge
Berarti yang mendahului (pengetahuan datang sebelumnya dan bebas dari arti) dan kebenaran yang universal dan tidak dapat disangkal tanpa kontradiksi
Contoh : pernyataan logika, hukum matematika
Posteriori Knowledge
Knowledge yang diturunkan dari akal pikiran yang sehat.dan kebenaran atau kesalahan dapat dibuktikan dengan menggunakan pengalaman akal sehat.
Contoh : bola mata seseorang berwarna biru, tetapi ketika orang tersebut mengganti contact lens-nya, bisa jadi bola matanya menjadi berwarna hijau.

Hirarki Knowledge

ü  Noise : data yang masih kabur
ü  Data : hal yang paling potensial
ü  Informasi : data yang telah diproses
ü  Knowledge : informasi yang sangat khusus
ü  Meta knowledge : knowledge dan keahlian
ü  Teknik Representasi Pengetahuan :
a.       Aturan Produksi
b.       Jaringan Semantik
c.       Frame
d.       S

        6.2 Produksi
A.    Aturan Produksi
ü  sering digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan pada ES
ü  bentuk formalnya Backus-Naus Form (BNF)
·         Metalanguange untuk mendefinisikan sintaks Bahasa
·         Suatu grammar haruslah lengkap dan unambiguous set dari aturan produksi untuk bahasa yang spesifik
·         Parse tree adalah representasi grafis dari kalimat pada suatu Bahasa
·         Deskripsi sintaks tersedia dalam Bahasa
·         Tidak semua kalimat adalah benar
Contoh :

::=
dimana,
·         < .. > dan ::= adalah symbol metalanguange.
·         ::= artinya “ditentukan sebagai” yang dalam BNF ekuivalen dengan à.
·         Term di dalam kurung disebut symbol Nonterminal, yang masih bisa direpresentasikan ke dalam bentuk lebih sederhana lagi.
·         Nonterminal yang tidak dapat disederhanakan lagi disebut Terminal.

Robot Mobile | Robot Jaringan | Robot Manipulator
menggunakan roda | menggunakan jaringan internet | mempunyai tangan
penelitian robot | penjinak bom | memindahkan barang
Produksinya : ……
·         Robot Mobile menggunakan roda digunakan untuk penelitian robot
·         Robot Jaringan menggunakan jaringan internet digunakan untuk penjinak bom
·         Robot Manipulator mempunyai tangan digunakan untuk memindahkan barang dst…..

B.     Keuntungan Aturan Produksi :
ü  Sederhana dan mudah dipahami
ü  Implementasi secara straightforward sangat dimungkinkan dalam computer
ü  Dasar bagi berbagai variant

C.    Kelemahan Aturan Produksi :
ü  Implementasi yang sederhana sering menyebabkan inefisien
ü  Beberapa tipe pengetahuan sulit direpresentasikan dalam aturan produksi

        6.3  Jaringan Semantik
Dibangun oleh M.R.Quillian, sebagai model memori manusia. Jaringan Semantik adalah tehnik representasi dalam artificial intelligence klasik untuk informasi proposional, sehingga sering kali disebut sebagai poporsional network. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah dan merupakan bentuk pengetahuan deklaratif. Semantic network pertama kali dikembangkan untuk AI (Artificial Intelligence) sebagai cara untuk mempresentasikan memory dan pemahaman bahasa manusia. Struktur semantic nets berupa grafik dengan node (simpul) dan arc (ruas) yang menghubungkannya.
Disajikan dalam bentuk graf berarah. Node merepresentasikan konsep, objek atau situasi :
·         Label ditunjukkan melalui penamaan
·         Node dapat berupa objek tunggal atau kelas
Links merepresentasikan suatu hubungan :
·         Links adalah struktur dasar untuk pengorganisasian pengetahuan
Contoh Jaringan Semantik:


Keterangan :
is a = adalah
shape = berbentuk
consists of = terdiri dari
programmed = deprogram

       6.4  Triple Obyek-Atribut-Nilai
Bentuk object-attribute-value triple daapat digunakan untuk mempresentasikan semua karakteristik pengetahuan dalam semantic net dan digunakan pada sistem pakar MYCIN untuk mendiagnosa penykit infeksi.

       6.5  Schemata : Frame dan Script
A.    Frame
ü  Frame (Minsky, 1975) dipandang sebagai struktur data static yang digunakan untuk merepsentasi-kan situasi-situasi yang telah dipahami dan stereotype.
ü  Frame digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan stereotype atau pengetahuan yang didasarkan kepada karakteristik yang sudah dikenal yang merupakan pengalaman masa lalu.
ü  Frame berupa kumpulan slot-slot (representasi entitas sebagai struktru objek) yang merupakan atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan berupa kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen-elemen lain. Frame digunakan untuk representasi pengetahuan deklaratif.

 Contoh :
·         Frame Pohon
Spesialisasi dari: Tumbuhan
Jumlah batang: integer (default 1)
Jenis kulit: halus
Model daun: jenis pohon jarum, berganti daun
Bentuk daun: sederhana, berlekuk, campuran
·         Frame Pohon Perdu
Spesialisasi dari: Pohon
Jumlah batang: 3
Jenis kulit: halus
Model daun: berganti daun
Bentuk daun: sederhana, berlekuk

Setiap frame individual dapat dipandang sebagai struktur data yang mirip record, berisi informasi yang relevan dengan entitas-entitas stereotype. Slot-slot dalam frame dapat berisi :Informasi
·         Identifikasi frame
·         Hubungan frame dengan frame lain
·         Penggambaran persyaratan yang dibutuhkan frame
·         Informasi procedural untuk menggunakan struktur yang digambarkan
·         Informasi default frame
·         Informasi terbaru.

B.     Script
ü  Script (Schank & Abelson, Yale univ) merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus.
ü  Script mirip dengan frame, perbedaannya : Frame menggambarkan objek, sedangkan Script menggambarkan urutan peristiwa.
ü  Dalam menggambarkan urutan peristiwa, script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.
ü  Elemen script yang tipikal :
·         Kondisi masukan : menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi suatu peristiwa yang ada dalam script.
·         Prop : mengacu kepada objek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi.
·         Role : mengacu kepada orang-orang yang terlibat dalam script.
·         Hasil : kondisi yang ada sesudah peristiwa dalam script berlangsung.
·         Track : mengacu kepada variasi yang mungkin terjadi dalam script tertentu.
·         Scene : menggambarkan urutan peristiwa aktural yang terjadi.

Contoh :
Script pergi ke restoran
SCRIPT Restoran
Jalur (track): fast food restoran
Peran (roles): tamu, pelayan
Pendukung (prop): conter, baki, makanan, uang,
                            serbet, garam, merica, kecap,
                            sedotan, dll
Kondisi masukan: tamu lapar –tamu punya uang
Adegan (scene) 1: Masuk
·         Tamu parkir mobil
·         Tamu masuk restoran
·         Tamu antri
·         amu baca menu di list menu dan mengambil keputusan tentang apa yang akan diminta.
Adegan (scene) 2 : Pesanan
·         Tamu memberikan pesanan pada pelayan
·         Pelayan mengambil pesanan dan meletakkan makanan di atas baki
·         Tamu membayar
Adegan (scene) 3 : Makan
·         Tamu mengambil serbet, sedotan, garam, dll
·         Tamu makan dengan cepat
Adegan (scene) 4 : Pulang
·         Tamu membersihkan meja
·         Tamu membuang sampah
·         Tamu meninggalkan restoran
·         Tamu naik mobil dan pulang
Hasil
·         Tamu merasa kenyang
·         Tamu senang
·         Tamu kecewa
·         Tamu sakit perut

ü  Keistimewaan Script :
a.       Script menyediakan beberapa cara yang sangat alami untuk merepresentasikan “suatu inforamsi” yang lazim” dengan masalah yang bersumber dari sistem AI dari mula.
b.      Script menyediakan struktur hirarki untuk merepresentasikan inforamsi melalui inklusi subscript dengan sript.

Sumber :









0 komentar:

Posting Komentar

 

Always Smile Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea