Senin, 17 Oktober 2016

Diposting oleh Unknown di 14.10
3. PENGENALAN LOGICAL AGENTS
Logic merupakan jantung dari program, para pemrogram mempunyai keyakinan bahwa sebuah komputer dapat dibuat mengerti logika, maka computer dapat dibuat untuk berfikir, karena logika kelihatannya menjadi inti dari kecerdasan.
1      Problem solving agent hanya bisa menyelesaikan masalah yang lingkungannya accessible.
2     Kita membutuhkan agen yang dapat menambah pengetahuan dan menyimpulkan keadaan.
3     Agent yang akan membantu seperti ini kita beri nama knowledge based agent.

3.1 Knowledge Based Agents
Komponen utama dari knowledge based agent adalah knowledge basenya. Knowledge base (KB) adalah kumpulan representasi fakta tentang lingkungan atau dunia yang berhubungan atau menjadi daerah bekerjanya agen. Setiap representasi dalam KB disebut sebagai sebuah kalimat yang diekspresikan dalam sebuah bahasa yakni knowledge representation language.
Ø  Representasi Pengetahuan yang bersifat general.
Ø  Kemampuan beradaptasi sesuai temuan fakta.
Ø  Kemampuan menyimpulkan sesuatu dari pengetahuan yang sudah ada.
Syarat Representasi KB:
1.     Representational Adequacy
Kemampuan merepresentasikan semua pengetahuan yang dibutuhkan dalam domainnya
2.    Inferential Adequacy
Kemampuan memanipulasi struktur pengetahuan untuk membentuk struktur baru dalam menampung pengetahuan baru hasil inferens.
3.     Inferential Efficiency
Kemampuan untuk manambahkan informasi untuk mempercepat pencarian dalam inferensi.
4.    Acquisitional Efficiency
Kemampuan untuk menambah informasi baru secara mudah.
Pengetahuan yang dimiliki agent tidak berguna jika ia tidak melakukan apapun karenanya kita perlu menambahkan aturan agar dia dapat bergerak (complete the knowledge base). Beberapa tahapan yang dilakukan dalam menyusun knowledge based agent:
Ø  Untuk dapat menyusun sebuah knowledge based agent maka kita harus terlebih dulu bisa menyusun knowledge basenya itu sendiri.
Ø  Untuk menyusun knowledge base kita perlu menentukan bagaimana cara kita merepresentasikan pengetahuan kita (knowledge representation).
Ø  Knowledge representation kita harus merupakan bentuk yang mudah disimpan dan digunakan pada komputer. Dalam perkuliahan ini kita menggunakan beberapa macam knowledge representation language.

3.2 Wumpus World
Ø  Environment sederhana, berguna untuk menguji dan menjelaskan logical agent.
Ø  Gua gelap dengan banyak ruangan yang dihubungkan dengan lorong-lorong.
Ø  Agent masuk ke gua untuk mengambil emas yang ada di salah satu ruangan.
Ø  Wumpus (monster) bersembunyi di salah satu ruangan. Jika agent bertemu, ia akan menjadi santapannya.
Ø  Terdapat ruang-ruang yang memiliki lubang jebakan yang dapat membunuh agent.
Ø  Agent hanya punya 1 panah yang bisa membunuh wumpus dari jarak jauh.
Sifat dari Wumpus World:
Ø  Fully observable? Tidak, hanya bisa berpresepsi lokal.
Ø  Deterministic? Ya, hasil tindakan jelas dan pasti.
Ø  Episodic? Tidak, tergantung action sequence.
Ø  Static? Ya, gold, wumpus, pit tidak bergerak.
Ø  Discrete? Ya.
Ø  Single agent? Ya.

3.3 Logic in general-Models and Entailment
Logics adalah bahasa formal untuk merepresentasikan fakta sedemikian shg kesimpulan (fakta baru, jawaban) dapat ditarik. Ada banyak metode inference yang diketahui. Kita bisa membangun agent Wumpus World dengan logika: memanfaatkan perkembangan logika oleh ahli matematika, filsafat selama ratusan tahun.
Entailment artinya bahwa sesuatu mengikuti dari yang lain.
KB
·         Knowledge base KB entails kalimat α jika dan hanya jika α adalah true pada semua dunia dimana KB bernilai true.
·         Misal, KB “the Giants won” dan “the Reds won”  entails “Either the Giants won or the Reds won”
·         Misal, x+y = 4 entails 4 = x+y
Entailment adalah sebuah hubungan antar kalimat (syntax) yang didasarkan pada semantik.
Models à m adalah sebuah  model pada sebuah kalimat α jika α bernilai true pada m
·         M(α) adalah kumpulan semua model pada α.
·         KB α iff M(KB) Í M(α).
·         Misal: KB = Giants won and Reds won , α = Giants won


Referensi:



0 komentar:

Posting Komentar

 

Always Smile Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea