Minggu, 15 Oktober 2017

Tugas 1 Audit Teknologi Sistem Informasi Semester PTA 2017/2018 Kelas 4KA10

Diposting oleh Unknown di 17.12
1.     Jelaskan peranan teknologi informasi dalam kehidupan sehari – hari! Berikan contoh penerapan / pengaplikasian teknologi sistem informasi dalam bidang pendidikan
Jawab : dalam kehidupan sehari – hari banyak sekali peranan teknologi, mulai dari bidang pendidikan, perkantoran, telekomunikasi, komunikasi dan masih banyak lagi. Peranan teknologi disini membantu pekerjaan agar lebih mudah dan cepat dari pada tanpa menggunakan teknologi atau menggunakan cara konvensional. Salah satu contohnya dibidang pendidikan adalah studentsite yang ada di kampus Universitas Gunadarma, dengan adanya studentsite mahasiswa lebih mudah mengakss informasi seputar kampus, mulai informasi seputar seminar, informasi nilai, informasi siding dan masih banyak informasi lainnya.
2.     Kendala-kendala apa saja yang terdapat dalam penerapan/pengaplikasian teknologi sistem informasi! Jelaskan!
Jawab : Belum meratanya infrastruktur ang mendukung penerapan teknologi informasi. Insfrastruktur merupakan modal utama dalam penerapan teknologi informasi, karena tanpa adanya insfrastruktur yang memadai penerapan ini hanya akan menjadi impian semata.
           Kendala lainnya kesiapan sumber daya manusia untuk memanfaatkan teknologi informasi, dikarenakan masih banyak yang menggunakan cara konvensional dalam menyelesaikan tugas tanpa mengguanakan teknlogi informasi.
3.     Sebutkan dan jelaskan keuntungan dan kerugian teknologi sistem informasi! Jawab :
a.      Dari Segi Pendidikan
Kelebihan     : TIK sangat membantu dalam proses pembelajaran dimana segala informasi pendidikan dapat diakses dengan cara lebih mudah dan cepat.
Kekurangan   : Dengan pelayanan TIK yang menawarkan kemudahan didalam proses pembelajaran, membuat kita menjadi malas untuk membaca buku-buku pendidikan. Karena terpengaruh dengan hal-hal yang instan.

b.     Dari Segi Hiburan
Kelebihan     : TIK menawarkan permainan-permainan yang dapat menghilangkan kejenuhan dan dapat menimbulkan strategi didalam berpikir.
Kekurangan   : Dengan terlalu seringnya kita memanfaatkan TIK sebagai bahan hiburan, tidak dapat dipungkiri akan banyak waktu yang terbuang sia-sia. Padahal kita dapat menggunakan waktu tersebut dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

c.      Dari Segi Ekonomi
Kelebihan     : Kita dapat mempergunakan TIK untuk mengadakan transaksi-transaksi bisnis maupun jual-beli dengan mudah dan cepat tanpa dibatasi oleh batas negara.
Kekurangan   : Dengan transaksi melalui TIK, tidak dapat dipungkiri akan terjadi hal-hal yang melanggar aturan seperti transaksi obat terlarang (Narkoba), transaksi perdagangan manusia.

d.     Dari Segi Pemerintahan
Kelebihan        : Dengan TIK, Pemerintah dapat dengan mudah menyampaikan kebijakan program pemerintah kepada masyarakat. Dan masyarakat dengan bebas memberikan masukan terhadap kebijakan pemerintah melalui TIK.
Kekurangan    : Dengan bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah sehingga tidak dapat dipungkiri akan terjadi peluang-peluang untuk melakukan cyber crime seperti pembobolan situs KPU disaat diadakan pemilu.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Always Smile Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea